Sunday 10 June 2012

Sekali Wartawan, Tetap Wartawan


Aku mau cerita pengalaman seruku di hari Jumat (8/6) yang lalu. Cerita dimulai dari pengerjaan tugas mata kuliah Change Management yang udah mepet banget deadline-nya, yaitu Senin (11/6). Waktu itu aku masih ngerasa data yang kelompokku punya kurang mantep. Kenapa kurang mantep? Soalnya cuma dapet dari internet, itupun kurang lengkap. Nah, kalo data kurang lengkap, ngerjain tugas juga kurang mantep rasanya, ya ga? Nah, pengalaman seru dimulai dari sini.

Sekitar satu jam sebelum waktu istirahat sholat Jumat, aku nekad berangkat dari kampusku di Menteng, Jakarta Pusat ke kantor perusahaan yang jadi materi kelompokku, PT Pelayaran Nasional Indonesia (PT Pelni). Tujuannya adalah ingin mendapatkan data lebih dengan mewawancarai pejabat Pelni. Nekad juga, soalnya tahu sendiri kantor pegawai negeri kayak apa. Biasanya kan hari Jumat jam kerja mereka pendek banget. Bisa jadi aku nekad dateng ke sana ga ketemu siapa-siapa. Tapi karena jaraknya ga terlalu jauh, cuma di Jalan Gajah Mada (itungannya deket juga kalo naik motor dari kampus di Menteng), aku tetap nekad berangkat! Ngeeeeeeng!

Sampe di sana, aku langsung nyari bagian Public Relation. Tanpa halangan sama sekali, aku ketemu seorang staf, namanya Mbak Ayu. Dia baik banget. Kenapa? Begini ceritanya.

“Mas, maaf, kalau mau wawancara, mas harus bawa surat keterangan dari kampus!”

“Waduh, maaf mbak, ini dadakan banget. Tugasnya juga mendadak sekali (padahal udah lama banget). Bisa ya, saya wawancara tanpa surat?”

“Maaf mas, ga bisa. Mas kalau bisa bawa suratnya siang ini, nanti langsung aja fax ke nomor ini dan ini,”

Mbak Ayu ngasih aku beberapa nomor fax kantor itu. Dia minta maaf bahwa prosedurnya harus begitu. “Saya ngerti mas mahasiswa yang tugas kuliahnya ribet, saya minta maaf cuma bisa bantu begini, mas!” Wah, padahal mbak Ayu ngasih aku nomor dan nama-nama yang harus ditulis di surat lengkap banget! Pelayanan mbak Ayu bener-bener beda deh sama pandangan umum tentang pegawai negeri seperti apa. Rasanya sih, mbak Ayu (yang emang masih muda juga) belum terkena virus pegawai negeri khas Indonesia yang kesannya malas melayani masyarakat, jadi dia masih melayani dengan sangat baik.

Aku langsung BBM sekretariat kampus dan minta dibuatkan surat. Tentu dengan perasaan tidak nyaman karena mendadak sekali. Beruntuuuuuuuuuung sekali bahwa mbak Dhevy, staf sekretariat, langsung mau membuatkan. “Nanti setelah sholat Jumat ya, Nug,” balasnya. Aku beruntuuuung banget! Sekaligus ngerasa ga enak juga sama mbak Dhevy karena minta tolongnya dadakan. Padahal surat keterangan dari kampus harus ditandatanganin petinggi kampus juga, which means aku merepotkan dia deh.

Sebelum aku pergi dari sana, mbak Ayu ngasih tahu bahwa perkembangan PT Pelni diberitakan di majalah BUMN Track terbitan Juni. “Ada ini mas, lengkap juga datanya. Tapi maaf, ini ga bisa dibawa pulang, soalnya punya kantor. Mas coba beli di Gramedia deh,” katanya. Wah, bantuan dari mbak Ayu berharga sekali. “Terima kasih, mbak! Nanti saya kembali lagi dengan surat dari kampus,” pamitku. Sebelum pergi, aku nyempetin motret beberapa replika kapal yang lumayan besar. “Yesss, dapat foto juga!” kataku senang.

Waktu itu sekitar jam 12.00. Surat baru bisa difax sekitar jam 13.00. Okay, sekarang aku coba cari toko buku Gramedia terdekat. Beruntungnya ada toko buku Gramedia ga jauh dari situ. Aku dateng ke situ dan langsung nanyain majalah yang kumaksud. “Wah, adanya yang edisi Mei mas,” kata mbak-mbaknya. “Waduh? Kok tadi di kantor Pelni udah ada ya, mbak?” tanyaku. “Mungkin belum datang mas. Tanggal 10 baru datang,” lanjut dia. Wew, mana mungkin aku tunggu selama itu. “Kalo di Gramedia yang lain mbak?” tanyaku. Mbak-mbaknya ngasih aku daftar nomor telepon toko-toko Gramedia di Jakarta.

Aku coba nelpon beberapa Gramedia terdekat. Tapi apes, semuanya belum ada, termasuk di toko Gramedia pusat. “Hmm, mungkin memang belum diantar ke toko. Jadi yang di kantor Pelni tadi itu memang ada karena diantar duluan sama penerbit majalahnya,” pikirku. Okay, nanti pas aku dateng ke Pelni lagi, aku mau minta difotokopiin aja.

Seharusnya aku kumpul kelompok sekitar jam 13.00. Berarti aku bakalan telat. Aku pamit sama temen-temen sekelompok kalo aku bakal telat dateng. Toh tujuanku pergi juga demi kepentingan kelompok, jadi aku terus maju perjuangkan data lewat wawancara sama pejabat Pelni.

Oh iya, aku belum sarapan. Mumpung nunggu surat, akhirnya aku sarapan di 7Eleven terdekat. Kenapa di sana? Soalnya hp ku lowbatt, jadi aku harus sekalian nge-charge. Sambil makan, nyantai dulu sebentar. Sekitar jam 13.30, aku mau berangkat lagi ke kantor Pelni. Eh, ada bapak-ibu bule. Pengen rasanya ngajak ngobrol, sekalian nekad ngomong Inggris, tapi cuma berhasil menyapa. “Do you have a good day?” tanya bule cowoknya. “Yesss!,” jawabku sebisanya. Cuma ‘Yes’ doang jawabanku. Hwahahahaha, geblek! “Be careful on your motor cycle. It is bahaya, right!” katanya nyampur-nyampur bahasa Indonesia. “Yes, of course, Sir! Have a good day, bubye!” jawabku sambil deg-degan diajak omong bule. Hahahaha, sumpah geblek banget!

Nah, perjalanan berlanjut. Sampai di kantor Pelni sekitar jam 13.50. Aku dicegat satpam yang tadinya ga ada di situ. Dia nyuruh aku nunggu, sementara dia memanggilkan mbak Ayu yang tadi bantuin aku. Mbak Dhevy, sekretaris kampus BBM kalo surat sudah difax. “Huff, legaa! Makasih banyak mbak Dhevy,” balasku. “Sekarang giliranku maju perang perjuangkan data!” kataku lagi ke mbak Dhevy.

Satpam itu malah sempat bilang kalo Corporate Secretary yang mau aku wawancara itu sibuk banget. “Wah, halangan nih! Satpam resek!” batinku. Biasalah, satpam kan emang gitu. Untung pas waktu itu ada cewek lewat. Satpam itu bilang,“Ini mbak Ayu, mas!” Lho, kok beda sama yang tadi? Yang tadi ga pake jilbab. “Ooh, Ayu yang satunya lagi ya, mas?” tanya mbak Ayu yang pake jilbab itu ramah. Dia nanya apa keperluanku dan minta aku nunggu sebentar. Dia meriksa fax yang udah dikirim dari kampus. “Mas, pak Robertnya baru pergi makan siang sebentar, mas tunggu sebentar ya,” katanya ramah. Wah, dua mbak Ayu yang sangat ramah dan membantuku sekali.

Aku cemas. Makan siang pegawai negeri biasanya lama. Jangan-jangan aku harus nunggu sampai jam 15.00. Males banget! Eh, ga sampe 15 menit nunggu, ada yang nyapa aku. “Silakan, dek!” kata suara berat itu ramah. Ternyata itu adalah Kapten Robert Mandagie, Corporate Secretary PT Pelni. Aku mendapat kesempatan untuk wawancara beliau. Horeeeee!!!

Wawancara berjalan asik. Soalnya selain orangnya ramah, Pak Robert juga akrab dengan kampusku, PPM Manajemen. Jadi kita ngobrol asik deh. Setelah sekitar 20 menit wawancara, aku pamitan. Ga lupa aku minta izin untuk fotokopi majalah BUMN Track yang ada berita tentang Pelni. Pak Robert malah membantu dengan meminta anak buahnya fotokopiin. “Wah, aku beruntung sekali. Data untuk tugas  mengalir kencang,” pikirku senang.

Akhirnya aku pun kembali ke kampus dengan hati riang. Kenapa riang? Karena aku mengalami lagi pengalaman mengejar data sebegitu serunya. Suatu hal yang aku lakukan setiap hari dulu sewaktu masih jadi wartawan di Tribun Jogja. Dan satu lagi, dua targetku tercapai dengan sukses! Wawancara dan majalah BUMN Track. Rasanya senaaaaaaang sekali bisa mengalami pengalaman semacam ini lagi.

Mirip sekali dengan kerjaanku dulu. Naik motor berpanas-panas ria. Mau ketemu orang tapi dihalang-halangi. Ada orang yang membantu tapi ada juga yang resek. Harus mikir gimana caranya biar sukses dapetin data yang dibutuhkan. Semua itu adalah pekerjaan wartawan yang akhirnya (setelah hampir 9 bulan ga aku rasain) bisa aku rasain lagi. Huaaaaah, aku senaaaaaaaang!

Hahahaha, memang sekali wartawan tetaplah wartawan.

2 comments:

  1. mantap nih, bos inug.
    gak nyangka ente wartawan toh.
    sesama pencinta jurnalistik dong.

    kapan2 mampir ye ke blog aye.
    mampir juga ke www.fokal.info
    barangkali mas inug kapan2 mau nulis.

    ReplyDelete
  2. melu lego bar moco critamu nganti rampung :)
    melu suka cita aku haha..
    #like this... u'r sacrafice
    (iki nggaya nganggo inggris ben ra ketok gebleeekk'e) hahaha

    ReplyDelete