Sunday 29 January 2012

Kutulis Homili Sore Itu


Minggu, 29 Januari 2012
Kos di Grogol, Jakarta Barat

Selamat sore menjelang malam. Saat ini pukul 19.55. Aku baru saja pulang dari gereja di dekat kos. Aku datang terlambat sekitar lima menit, saat Romo sudah mulai memimpin misa.

Ada yang berbeda pada misa hari ini. Aku mencoba untuk mengingat dan mensistematiskan homili Romo. Ternyata asyik sekali. Sekarang ingin kubagi untuk kalian pembaca. Apapun isinya, semoga berguna. Demikian hasil proses kognitifku tadi selama mendengarkan homili :


Tema Misa : Yesus datang untuk membebaskan manusia dari segala bentuk perbudakan

“Pada bacaan Injil, saat mengajar di suatu rumah ibadat, Yesus mengusir roh jahat yang merasuki seseorang. Semua orang yang datang takjub. Berita tentang kejadian itu pun cepat menyebar di daerah Galilea.

Poinnya adalah bahwa Yesus melakukan itu BUKAN untuk mendapat nama baik. Yesus bukan hendak membuat dirinya terkenal sebagai orang suci. Namun Yesus melakukan itu karena Ia menyayangi umat manusia. Cintanya yang besar membuat Ia menolak membiarkan roh jahat menguasai diri manusia.

Yesus terkenal tidak berkompromi sama sekali terhadap roh jahat. Yesus konsisten dan menunjukkan sikapnya itu saat mengusir roh jahat.

Kejadian pengusiran roh jahat itu membuktikan bahwa roh jahat memang BENAR ADA di dunia ini. Roh jahat ada dan ingin merusak manusia. Namun sikap Yesus sangat berwibawa. Dan dengan wibawanya itu Ia bisa mengusir roh jahat.

Manusia tidak bisa mengusir roh jahat sendirian. Manusia membutuhkan bantuan Allah Bapa. Kuasa Allah Bapa yang besar bisa membantu manusia untuk mengusir roh jahat dari kehidupannya.

Akhirnya, ada dua poin yang harus manusia ingat dalam menjalani hidup. Yakni bahwa manusia harus selalu MEMOTIVASI DIRI untuk terus melawan kuasa roh jahat dan memperbaiki hidupnya. Dan bahwa manusia harus selalu meminta pendampingan Allah Bapa yang berkuasa atas segalanya di dunia.”

Begitulah sekilas singkat homili yang Romo sampaikan di misa hari ini. Lega sekali aku bisa berproses mendengarkan-mengolah-mengingat dan menuliskannya.

Semoga berguna.

Salam.

No comments:

Post a Comment