Saturday 15 March 2014

Butterflies and Hurricanes




Halo! Di tulisan ini, Inug dan Kiky pengen mencoba membuat interpretasi atas sebuah lirik lagu. Lagu apakah itu? Judulnya Butterflies and Hurricanes, sebuah lagu karya kelompok musik Inggris, Muse. Kenapa kita milih lagu ini? Inug said that lagu ini adalah salah satu lagu favorit dari kelompok musik favoritnya juga. Sementara Kiky sangat tertarik dengan lirik lagunya. Beginilah interpretasi kami :

Change everything you are
And everything you were
Your number has been called

Saat ini, ada banyak individu yang cenderung diam, berada di zona nyaman, kurang memiliki visi ke depan akan dunia dan dirinya sendiri. Dalam lirik di atas, kita harus berani untuk mengubah diri. Ubahlah dirimu yang dulu dan yang sekarang. Berubah menjadi seperti apa?Pertanyaan itu akan terjawab nanti. Your number has been called. It means that dunia berada di tangan kita. Sebagai pemuda dan pemudi yang mendapat kesempatan untuk sekolah dan belajar, kita harus yakin bahwa bisa berbuat lebih banyak. Keluar dari zona nyaman! Ini giliranmu untuk mewarnai dunia!  

Fights and battles have begun
Revenge will surely come
Your hard times are ahead

Kadang kita beranggapan bahwa kita sudah hidup dalam situasi yang sangat benar, tidak perlu diubah, semua baik-baik saja. Keadaan yang seperti ini bisa sangat salah dan menjebak. Mungkin yang sebenarnya terjadi adalah kita menjadi pribadi yang itu-itu saja dan tidak berkembang. Lalu apa yang trjadi saat kita keluar dari zona nyaman dan menjadi manusia yang baru? Fights and battles has begun. Saat kita keluar dari zona nyaman, pertarungan dimulai. Pertarungan yang paling awal yang terjadi adalah pertarungan kita terhadap diri sendiri. Kemantapan kita untuk mau berubah. Lalu, apa makna dari revenge will surely come? Pembalasan dendam. Kapan seseorang ingin membalas dendam? Jawabannya adalah saat dia merasa marah, kecewa, kalah, dan sedih, tapi tidak bisa melawan balik saat itu juga. Dalam hal ini, Muse hendak menyampaikan bahwa dunia terus berkembang. Berbagai aspek di dalam dunia ini berubah, ada yang berkembang menjadi lebih baik, ada pula yang memburuk.Your hard times are ahead. Semua tantangan dan halangan pasti akan mengganggu kita mewarnai dunia ini. 

Best,
You've got to be the best
You've got to change the world
And use this chance to be heard
Your time is now

Best. Terbaik. Apa yang dimaksud dengan kita harus menjadi yang terbaik? Sederhana namun tidak sederhana. Maksudnya adalah bahwa kita tidak harus berpikir untuk mengalahkan orang lain. Cukup dengan mengalahkan diri sendiri. Lalu, aspek yang tidak sederhana adalah kenyataan bahwa mengalahkan diri sendiri adalah tugas yang paling berat bagi seorang individu. Kita harus berani untuk mengubah dunia. Seperti apakah itu? Mengubah dunia diawali dengan mengubah kacamata kita dalam memandang dunia. Menggunakan kacamata yang kritis dan berani tentu akan membuat kita melihat secara lebih tajam. Ada beberapa kunci, yakni visioner, kritis, dan berani. Dengan memegang tiga kunci itu, kita punya modal yang kuat untuk melanjutkan ke tahap berikutnya, yakni mengubah dunia. Dalam melaksanakan ide mengubah dunia, akan sulit bagi seorang individu untuk bergerak sendirian. Kondisi menuntut seseorang untuk mengajak individu lain. Kita harus bersuara, memaparkan visi dan misi kita, dan mengajak mereka untuk ikut bergerak. Kapan? SEKARANG!


Change everything you are
And everything you were
Your number has been called
Fights and battles have begun
Revenge will surely come
Your hard times are ahead

Best,
You've got to be the best
You've got to change the world
And use this chance to be heard
Your time is now

Don't let yourself down
Don't let yourself go
Your last chance has arrived

Menjawab kata SEKARANG itu tidak mudah. Pasti akan ada pikiran-pikiran yang membuat kita ragu dan menunda perubahan yang mau kita buat.

Best,
You've got to be the best
You've got to change the world
And use this chance to be heard
Your time is now

Sebagai interpretasi akhir, kami ingin membahas judul lagu ini. Kenapa Butterflies and Hurricanes? Ada tiga  poin penting, yakni metamorfosa, tantangan, dan visi. Kupu-kupu adalah lambang dari metamorfosa. Metamorfosa bisa dilihat sebagai perubahan diri sendiri. Dalam hal ini, perubahan yang kami maksud adalah perubahan cara pandang. Setelah melalui perubahan yang besar dan siap untuk terbang, kupu-kupu menghadapi tantangan besar berupa angin topan yang menghadang langkahnya. Jawabannya sangat tergantung pada visi yang kupu-kupu itu punya. Di kejauhan, kupu-kupu bisa melihat bahwa selepas angin topan yang besar itu, ia bisa mencapai sebuah taman bunga yang sangat indah, terang, berwarna-warni, dan nyaman. Bagaimana kupu-kupu itu menyikapi tantangan yang terkesan tidak mungkin ia lawan itu? 

Selamat berubah!
Salam. 

No comments:

Post a Comment